(Loading...)

Mutiara Hikmah    
Guru mapel: Wawan Hartanto Rabu, 10 Juli 2013

Uraian Materi Pelajaran: 

Fungsi Umum Printer

Secara umum printer berfungsi sebagai piranti pencetak file komputer ke media kertas. Anda bisa mengenal jenis-jenis kertas untuk printer disini. Terdapat beberapa macam printer sesuai penggunaannya seperti yang akan saya uraikan dibawah.

Jenis Printer

Printer Dot Matrix

Jenis printer ini memakai pita karbon dan pin-pin jarum untuk mencetak. Memiliki kecepatan cetak 50 hingga 500 karakter per detik, sedangkan head-cetaknya memiliki sebanyak 9 hingga 24 pin jarum.

Contoh Printer Dot Matrix (Sumber: www.padante.com)

Printer Inkjet

Disebut printer inkjet karena prinsip kerja pencetakannya dilakukan dengan menyemprotkan tinta pada permukaan kertas. Umumnya printer inkjet memiliki resolusi cetak sebesar 300dpi.

Contoh Inkjet Printer (Sumber: www.toptenpk.com)

Printer Laserjet

Prinsip pencetakan printer laserjet adalah dengan memakai laser yang disorotkan ke sejenis drum guna menciptakan pola image yang akan dicetak, dan kemudian drum tersebut berputar melalui toner (bubuk tinta cetak). Pola pada drum akan mengambil serbuk dari toner sesuai dengan variasi muatan listrik yang terbentuk pada saat pembentukan pola. Kemudian, dengan bantukan panas dan tekanan, drum mentransfer pola image ke media kertas. Keseluruhan proses berlangsung relatif lebih cepat daripada printer inkjet. Disamping itu kepadatan warna cetak pada printer laserjet lebih bagus daripada printer inkjet.

Contoh Printer Laserjet (Sumber: www.reviewprinterlaser.com)

Printer LED/LCD

Prinsip pencetakannya hampir serupa dengan printer laserjet, namun disini memakai LED (Light Emitting Diode) dalam peembentukan pola image yang akan dicetak. Terbukti bahwa LED Printer mampu menghasilkan kualitas cetak yang sangat tinggi, baik grafis maupun teks.

Contoh LED Printer (Sumber: www.trustedreview.com)

Printer Solid Ink

Jenis printer ini memakai jenis tinta yang sudah dipadatkan. Ketika digunakan, mesin akan melelehkan tinta padat tersebut dan menampungnya pada suatu drum dan didinginkan. Setelah dingin, baru kemudian digunakan untuk mencetak. Satu hal yang perlu diperhatikan ketika memakai printer jenis ini adalah kelembaban kertas.

Contoh Bentuk Tinta Padat (Sumber: www.inhabitat.com)

Printer Dye Sublimation

Jenis printer ini  banyak dipakai oleh kalangan fotografer dan desainer grafis profesional untuk pekerjaan pencetakan pada permukaan benda keras, seperti misalnya pada mug (cangkir). Prinsip kerjanya memanaskan tinta sehingga terjadi perubahan wujud dari padat menjadi gas (menyublim).

Salah Satu Contoh Printer Dye Sublimation
(Sumber: www.instituteofprintingtechnology.com)

Printer Portabel

Printer jenis ini dirancang berukuran relatif kecil daripada printer inkjet, berbobot ringan dan mudah dibawa kemana-mana.

Contoh Printer Portable (Sumber: www.smartchoosing.com)

Printer Plotter

Jenis printer ini umumnya berukuran besar. Biasa pula digunakan untuk proses pencetakan gambar-gambar arsitektur karena memiliki keakuratan yang tinggi. Terdapat dua tipe yaitu flatbed plotter dan drum plotter.

Contoh Printer Plotter (Sumber: www.santekno.blogspot.com)

Printer Photo Digital

Printer jenis ini serupa dengan inkjet maupun laserjet, akan tetapi memiliki tinta tambahan yaitu light cyan dan light magenta, sehingga mampu menghasilkan cetak foto digital dengan kualitas yang lebih tinggi.

Contoh Digital Photo Printer (Sumber: www.sansley.com)

Printer CD/DVD

Printer jenis ini dipakai untuk pekerjaan pencetakan pada permukaan media compact disc.

Contoh Printer CD/DWD (Sumber: www.tigerdirect.com)

Printer ID Card

Printer jenis ini dipakai untuk mencetak pada media kartu identitas untuk karyawan, pegawai dsb. Mampu mencetak ID Card dalam jumlah banyak secara cepat.

Contoh ID Card Printer (Sumber: www.barcodesinc.com)

Printer POS (Point Of Sale)

Jenis Printer ini biasa dipakai di lingkungan pertokoan, berguna mencetak struk rincian pembelian barang yang dilakukan oleh pelanggan.

Contoh Printer POS
(Sumber: www.myposprinter.com)

Printer Label

Printer Label berguna untuk mencetak label barang atau benda lain dalam jumloah banyak pada berbagai ukuran, lengkap dengan barcode.

Contoh Printer Label
(Sumber: www.accuratesystemslabelling.co.uk)

Mengenal Printer 3 Dimensi

 


Kuis Evaluasi atau Tugas

Setelah mempelajari materi pelajaran diatas, silahkan klik tombol berikut dan kerjakan soal atau tugas sebagai evaluasi atas hasil belajar anda.

Ada Hal yang Belum Jelas didalam Materi Pelajaran Ini?
Silahkan Ajukan Pertanyaan atau Tanggapan

Bacaan Populer

Khasanah Tokoh

Diberdayakan oleh Blogger.

Hak Cipta © Ayo Belajar Grafis -Metrominimalist- Diberdayakan oleh Blogger - Desain tema oleh Johanes Djogan
Ketentuan Layanan:
Seluruh materi pelajaran didalam blog ini boleh disalin, dipakai dan disebarluaskan, baik sebagian
atau seluruhnya, dengan ketentuan tetap mencantumkan tautan sumbernya.


Petunjuk
Bacalah dan pahami baik-baik setiap materi. Periksa tugas atau kuis yang mungkin ada di bagian bawahnya untuk Anda kerjakan.