(Loading...)

Mutiara Hikmah    
Guru mapel: Wawan Hartanto Selasa, 09 Juli 2013

Uraian Materi Pelajaran: 

Mengapa Anda Harus Mengenalnya?

Salah satu media yang sering dipakai untuk mentransformasi karya grafis digital dari komputer adalah kertas. Hasil akhir atau print-out dari desain grafis digital salah satunya ditentukan oleh jenis kertas yang digunakan untuk mencetak. Dengan mengetahui beberapa macam jenis kertas untuk printer, maka diharapkan anda bisa memilih jenis kertas yang tetap sesuai dengan keperluan desain grafis yang anda ciptakan. Sebagai contoh, ketika anda membuat desain grafis berupa stiker maka media cetaknya adalah Glossy Sticker Photo Paper.

Beberapa Macam Kertas untuk Printer

Canvas Paper

Jenis kertas ini mampu menghasilkan cetakan dengan sentuhan canvas. Jadi sa’at dicetak akan menampilkan hasil cetak yang persis dengan kertas kanvas.

Inkjet Rice Canvas Paper 160G
(Sumber www.misiland.en.made-in-china.com)

Premium Glossy Photo Paper

Kertas premium glossy atau sering disebut high glossy ini mampu menghasilkan cetakkan dengan efek lebih kilau. Penggunaan kertas jenis ini sangat cocok untuk foto yang mempunyai resolusi tinggi. Jadi kualitas cetakan jadi lebih maksimal dan lebih cerah. Tentu saja harga kertas jenis ini lebih mahal.

Contoh Premium Glossy Photo Paper
(Sumber: www.indonetwork.co.id)

Double Side Paper

Jenis kertas ini mampu dicetak dua bagian [depan dan nbelakang]. Kualitas cetakannya juga cukup bagus, tidak terlalu kilau, dan cenderung doff. Kertas ini cukup cocok digunakan untuk keperluan cetak pamflet yang digantung, jadi bisa nampak depan dan belakang.

Contoh Double Side Paper 220 gram
(Sumber: www.globalsources.com)

Laster Photo Paper

Kertas laster ini juga cocok digunakan untuk mencetak foto beresulosi tinggi. Hasil cetak kertas laster ini nantinya bisa menimbulkan efek kulit jeruk. Jenis kertas laster ini pun juga mampu menimbulkan efek doff. Kertas laster ini juga mempunyai ketahanan yang lebih bagus, jadi foto bisa lebih awet dan tidak gampang pudar. Kertas jenis ini sangat cocok digunakan untuk foto dokumen pribadi, karena bisa awet hingga puluhan tahun.

Contoh Laser Photo Paper 220g
(Sumber: www.cyberpuerta.mx)

Glossy Photo Paper

Jenis glossy ini merupakan standar cetak foto. Kualitas kertas putih dan mengkilap dan mampu menghasilkan cetak cemerlang. Kertas ini juga cocok digunakan untuk foto beresolusi tinggi, apalgi harga yang relatif lebih murah.

Contoh Glossy Photo Paper
(Sumber: www.vk-tech.blogspot.com)

Sticker Glossy Photo Paper

Bagi yang ingin memasukkan foto kedalam sticker, maka pilihan yang tepat adalah jenis sticker glossy. Kualitas kertasnya putih dan mengkilap, serta mampu mencetak foto beresolusi tinggi.

Contoh Glossy Sticker Photo Paper
(Sumber: www.pinkrefillsystem.wordpress.com)

Inkjet Paper

Untuk jenis inkjet paper ini biasanya digunakan untuk keperluan grafis, seperti mencetak proof arsitektur rumah, grafik bar dan banyak lagi. Kulaitas jenis inkjet ini lebih bagus dibanding HVS biasa, karena serapan pada tintanya lebih bagus, dan lebih cepat kering.

Contoh Inkjet Paper
(Sumber: www.ivorystorage.com)

Sublime Paper

Kertas jenis ini digunakan sebagai mediator untuk keprluan transfer gambar ke t-shirt [kaos]. Jadi bila ingin mencetak foto kedalam t-shirt maka gunakan jenis kertas ini, karena kertas ini mampu memaksimalkan pemindahan tinta ke t-shirt.

Contoh Sublime Paper
(Sumber: www.shop.keramik88.com)
  

Kuis Evaluasi atau Tugas

Setelah mempelajari materi pelajaran diatas, silahkan klik tombol berikut dan kerjakan soal atau tugas sebagai evaluasi atas hasil belajar anda.

Ada Hal yang Belum Jelas didalam Materi Pelajaran Ini?
Silahkan Ajukan Pertanyaan atau Tanggapan

Bacaan Populer

Khasanah Tokoh

Diberdayakan oleh Blogger.

Hak Cipta © Ayo Belajar Grafis -Metrominimalist- Diberdayakan oleh Blogger - Desain tema oleh Johanes Djogan
Ketentuan Layanan:
Seluruh materi pelajaran didalam blog ini boleh disalin, dipakai dan disebarluaskan, baik sebagian
atau seluruhnya, dengan ketentuan tetap mencantumkan tautan sumbernya.


Petunjuk
Bacalah dan pahami baik-baik setiap materi. Periksa tugas atau kuis yang mungkin ada di bagian bawahnya untuk Anda kerjakan.