(Loading...)

Mutiara Hikmah    
Guru mapel: Wawan Hartanto Senin, 01 Juli 2013

Uraian Materi Pelajaran: 

Bisa dipastikan bahwa salah satu aplikasi pengolah kata paling populer adalah Microsoft Word. Namun, tahukah anda bahwa dengan aplikasi tersebut anda bisa berbuat lebih banyak daripada sekedar menciptakan dokumen perkantoran?

Contoh Majalah Elektronik


Salah satunya kita bisa menciptakan sebuah karya grafis berupa majalah elektronik (eMagazine). Meskipun yang diperoleh bukanlah hasil final, namun setidaknya kita bisa mengawali pembuatan eMagazine itu dengan cara sederhana memakai aplikasi yang sudah akrab dengan kita ini.

Microsoft Save As PDF

Kita membutuhkan Microsoft Word 2007. Nantinya hasil yang diperoleh dikonversi menjadi format PDF (Portable Document Format). Ini merupakan format file yang lazim digunakan untuk pertukaran dokumen digital di internet.

Supaya bisa secara langsung menyimpan dokumen Word ke format PDF, perlu kita tambahkan dahulu aplikasi tambahan (add-in) bernama "Microsoft Save as PDF". Add-in tersebut sudah tersedia di halaman Bahan Praktik. Silahkan menginstalasinya terlebih dahulu.

Add-in Save as PDF didalam Word 2007

Membuat Cover Majalah

Menyisipkan Gambar Background

Siapkan seluruh file gambar atau foto yang diperlukan, dan jalankan Word 2007 seperti biasanya. Gunakan ukuran kertas A4, kemudian sebagai contoh sisipkan sebuah gambar sebagai latarbelakang.

Menyisipkan Gambar sebagai Background
Pastikan gambar dalam keadaan terpilih, klik menu Picture Tools. Kemudian buka daftar Text Wrapping dan pilih Behind Text. ni berarti meletakkan gambar tersebut pada posisi dibelakang teks.

Mengatur Posisi Gambar Dibelakang Teks
Taruh gambar di sudut kiri-atas halaman, kemudian lebarkan ukuran gambar secara proporsional sesuai lebar halaman.

Memperluas Gambar Background

Menyisipkan Kop Majalah

Kop majalah terdiri dari nama majalah dan keterangan edisi penerbitan. Untuk nama majalah bisa dibuat memakai WordArt yang tersedia didalam aplikasi Word 2007, tetapi disini nama majalah sudah disiapkan dalam bentuk image (Saya membuatnya dengan aplikasi Logo Maker Pro).

Menyisipkan Nama Majalah berupa Gambar

Tampak bahwa gambar nama majalah memiliki banyak ruang kosong pada keempat sisinya. Kita buang saja dengan melakukan cropping. Klik ikon Crop pada ribbon Size.

Ikon Crop pada Ribbon Size
Drag salah satu node (misalnya node sisi-atas) ke arah pusat obyek.

Cara Melakukan Cropping

Lakukan cropping terhadap tiga sisi lainnya.

Hasil Cropping
Klik Text Wrapping, dan pilih In Front of Text. Atur posisinya seperti berikut.

Penempatan Nama Majalah
Sekarang, sisipkan obyek baru berupa Rounded Rectangle.

Rounded Rectangle
Klik-kanan obyek baru tersebut, dan klik Add Text. Tambahkan teks misalnya berbunyi, "EDISI KHUSUS RAMADHAN 1434 H TAHUN 2013".

Menu Add Text
Atur ukuran obyek, style dan posisinya sehingga diperoleh seperti berikut.

Hasil Pembuatan Kop Majalah

Menambahkan Headline

Pada contoh berikut, judul headline dibuat memakai WordArt, sedangkan kalimat headline dibuat dari shape rectangle yang diberi teks dengan meniadakan warna isian maupun outline-nya.

Contoh Pembuatan Headline

Menambahkan Tajuk-Tajuk Berita Lainnya

Tajuk-tajuk berita lainnya dibuat dengan memakai shape rectangle yang diisi teks (dengan meniadakan warna isian dan outline. Gambar juga disertakan serta diatur secara baik, sehingga mampu meniadakan kesan kosong dari halaman cover yang tersedia.

Contoh Cover Jadi

Halaman-Halaman Majalah

Berikutnya dapat disusun halaman-halaman yang memuat konten dari majalah itu. Pada dasarnya halaman-halaman majalah bisa dibuat sesuai dengan kreasi. Berikut contohnya.

Contoh Dua Halaman yang Telah Selesai

Mencetak Sebagai PDF

Setelah seluruh halaman selesai dikerjakan, simpan terlebih dahulu sebagai file Microsoft Word, dan kemudian simpan ulang sebagai dokumen PDF. Pilih perintah Save As PDF dari Microsoft Office Button.

Menyimpan Dokumen Sebagai File PDF
Hasilnya akan diperlihatkan didalam aplikasi pembaca PDF (misalnya Adobe Reader) seperti berikut.

Contoh Dokumen PDF yang Telah Jadi

Mengkonversi PDF menjadi Dokumen Flash

Dengan memiliki dokumen PDF berarti anda sudah siap untuk menciptakan sebuah majalah elektronik (eMagazine). Dasar dari pembuatan eMagazine adalah mengkonversi dokumen PDF menjadi animasi Flash. Kita akan gunakan aplikasi bernama AxMag yang khusus diciptakan untuk pembuatan majalah elektronik.

Aplikasi AxMag
Setelah memilih dokumen PDF yang akan dijadikan eMagazine serta menentukan lokasi penyimpanannya, klik tombol Next.

Menentukan Jenis Halaman didalam PDF
Disini kita harus tentukan jenis halaman didalam PDF. Apakah satu halaman pada setiap halaman PDF, dua halaman pada setiap halaman PDF dsb. Kita pilih opsi "One Page on Each PDF Page". Klik tombol ext.

Menentukan style Pembacaan
Berikutnya tentukan style pembacaannya, apakah berupa pelipatan 3D ataukah model penggulungan. Kita pilih opsi pertama yaitu "3D Flipping Reading", dan klik Next.

Output Interface Options
Tambahkan informasi-informasi yang diperlukan, klik Convert, dan tunggu proses konversi hingga selesai.

Proses Konversi PDF ke Flash
Proses konversi telah selesai.

Proses Konversi Selesai
Klik View It untuk melihat majalah hasil buatan kita.

Contoh Tampilan Majalah dalam Animasi Flash
Hasil konversi dikumpulkan dalam sebuah folder. Nama dari folder tersebut bergantung kepada nama yang anda berikan pada saat mengkonversinya.
Contoh Folder Hasil Pembuatan Majalah

Bagaimana Cara Menjadikan Majalah Bisa Dibaca secara Online?

Salah satu keuntungan dari pembuatan majalah berbasis teknologi informasi adalah bisa disajikan secara online di internet maupun intranet. Supaya bisa diakses secara online di internet, maka folder hasil pembuatan majalah tersebut harus diunggah ke layanan web hosting yang anda miliki. Jika belum memiliki web hosting sendiri, anda harus berlangganan web hosting atau memanfaatkan layanan web hosting gratis yang banyak ditawarkan di internet.

Klik disini untuk melihat contohnya.



Kuis Evaluasi atau Tugas

Setelah mempelajari materi pelajaran diatas, silahkan klik tombol berikut dan kerjakan soal atau tugas sebagai evaluasi atas hasil belajar anda.

Video Pembelajaran

1. Cara membuat cover majalah.
2. Cara membuat halaman konten (isi) majalah

{ 1 komentar... baca dibawah atau tambahkan }

  1. Terima kasih atas artikel yang bermanfaat ini pak. semoga Pak Wawan diberikan kesehatan dan dilancarkan rezekinya. aamiin.
    sebelumnya saya izin unduh file materinya pak.

    terima kasih
    salam

    BalasHapus

Bacaan Populer

Khasanah Tokoh

Diberdayakan oleh Blogger.

Hak Cipta © Ayo Belajar Grafis -Metrominimalist- Diberdayakan oleh Blogger - Desain tema oleh Johanes Djogan
Ketentuan Layanan:
Seluruh materi pelajaran didalam blog ini boleh disalin, dipakai dan disebarluaskan, baik sebagian
atau seluruhnya, dengan ketentuan tetap mencantumkan tautan sumbernya.


Petunjuk
Bacalah dan pahami baik-baik setiap materi. Periksa tugas atau kuis yang mungkin ada di bagian bawahnya untuk Anda kerjakan.